--> Skip to main content

Mengenal Jasa Analisis Data XRD dari Thinks Physics

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - Juli 12, 2024

Difraksi sinar X kini memiliki peranan yang sangat penting sebagai dasar dalam dunia ilmu pengetahuan sejak abad ke-20. Perkembangannya telah mempercepat kemajuan ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang zat padat, dan membuka jalan untuk memahami ikatan kimia dalam suatu material.

Mengenal Jasa Analisis Data XRD dari Thinks Physics

Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan riset di dunia semakin pesat, terutama dalam bidang Material dan Kristalografi. Di Indonesia, penelitian mengenai material telah dilakukan secara intensif untuk menciptakan produk berbasis nanomaterial yang aplikatif dan memberi manfaat yang berkelanjutan. Bukan hanya itu, penelitian mengenai material ini juga dilakukan untuk publikasi ilmiah baik itu secara nasional maupun internasional. Adapun metode yang sering digunakan oleh para peneliti di Indonesia dalam mengidentifikasi material nano salah satunya ialah melalui analisis XRD (X-Ray Diffraction).

Dengan melihat adanya fakta riset yang intensif dilakukan, maka Thinks Physics menyediakan Layanan Analisis Data XRD yang dapat diakses dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Layanan ini bertujuan untuk membantu Anda dalam mengolah data penelitian , terutama pada Data XRD.

Tentang Layanan Jasa Analisis Data XRD Thinks Physics

Layanan jasa ini tersedia untuk kebutuhan penelitian, baik itu untuk pemerintah, perguruan tinggi, organisasi non-pemerintah (NGO), maupun individu yang sedang melakukan penelitian lapangan, skripsi, tesis, disertasi, dan segala hal yang terkait dengan analisis data XRD.

Pada dasarnya analisis data XRD digunakan untuk karakterisasi sampel atau material guna mengetahui karakteristik mikrostruktur, seperti identifikasi fasa senyawa kristal, ukuran kristal, dan juga struktur kristal. Terdapat dua jenis layanan Jasa Analisis Data XRD di Thinks Physics, yaitu kualitatif dan kuantitatif.

Software Yang Digunakan Jasa Analisis XRD Thinks Physics

Adapun software yang dgunakan dalam menganalisis data XRD di Thinks Physics baik itu secara kualitatif maupun kuantitatif (Rietveld Refinement) dan pemodelan struktur kristal material ialah sebagai berikut ini:

  • Match! 2 atau 3
  • Full Proof 2023
  • MAUD 2023
  • Diamond 4
  • VESTA
  • Origin Pro 9

Dalam layanan jasa analisis XRD secara kualitatif, Thinks Physics menggunakan aplikasi Match! 2 atau 3. Sementara itu untuk analisis data XRD secara kuantitatif, Thinks Physics menggunakan software Fullproof 2023 yang terintegrasi dengan Match! 2 atau 3 dan MAUD 2023. Untuk pembuatan pemodelan struktur kristal dari hasil analisis kualitatif hingga kuantitatif, Thinks Physics menggunakan software Diamond 4 atau VESTA. Kemudian, untuk plotting data XRD, Thinks Physics menggunakan software Origin Pro 9.

Oh ya, selain menyediakan layanan jasa analisis data XRD, Thinks Physics juga menyediakan informasi terbaru tentang perkembangan sains dan teknologi serta layanan untuk FTIR, UV-Vis, Energy Gap (Tauc Plot), Cyclic Voltametri, hingga jasa olah data statistik seperti SPSS, SmartPLS, SEM-AMOS, Lisrel.

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan untuk Mengenal Jasa Analisis Data XRD dari Thinks Physics. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat.

Kebijakan Komentar: Silahkan berkomentar sesuai dengan topik pembahasan dalam artikel ini.
Klik Untuk Lihat Komentar
Tutup Komentar